Syaikh Abdurrahman Assegaf

SAYYIDI AS-SYAIKH ABDURRAHMAN ASSEGGAF
Beliau adalah seorang wali quthub yg ada di Tarim Hadramaut Yaman yg kewaliannya sangat tinggi. Tidak heran jika beliau dijuluki As-Saqqaf atau dalam bahasa Hadramaut As-Seggaf yang artinya atap karena beliau menaungi semua wali pada masanya.
Beliau terkenal dengan selalu membaca al-qur'an, hingga saat ini pun Masjid beliau tidak sepi dari para penghafal al-qur'an. Dan diantara keistimewaan beliau adalah beliau bisa membaca al-qur'an surat al-baqoroh dalam satu nafas, karena terlalu seringnya membaca al-qur'an. Sehebat apapun seorang qori' internasional, tidak ada yg bisa menandingi nafas beliau dalam membaca al-qur'an.
Diantara penerus beliau adalah as-Sayyid al-Habib Muhammad bin Alawi Alaydrus (Habib Sa'ad). Dulu pada masa penjajahan, Habib Sa'ad pernah dipenjara. Disaat di penjara itu Habib Sa'ad selalu meluangkan waktunya untuk membaca al-qur'an. Saking seringnya beliau membaca al-qur'an sampai beliau hafal. Bayangkan, sesering apakah beliau membaca al-qur'an sampai beliau hafal. Diantara murid beliau adalah Habib Umar bin Hafidz dimana Habib Umar juga seorang yg hafal al-qur'an.
Diantara nasehat beliau yg pernah saya dengar adalah, "sudah semestinya kita sebagai orang islam meluangkan waktu untuk membaca al-qur'an, minimal 15 menit setiap hari".
Semoga kita semua dikumpulkan bersama ahlul qur'an dan semoga kita dikumpulkan bersama pemimpin ahlil qur'an Sayyidina Muhammad صلى الله عليه وسلم

Previous
Next Post »