KAJIAN KITAB 'AQOIDU AHLIS SUNNAH WAL JAMA'AH 12




Kitab: ‘Aqo’idu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah
No: 012 Tiap hari: Sabtu
Oleh: Shuniyya Ruhama
Pengajar Ponpes Tahfidzul Quran Al Istiqomah Weleri – Kendal

Bismillahirrohmanirrohim...

Segala puja kita panjatkan bagi Gusti Allah, Peramut Semesta Alam.

Sholawat juga salam semoga senantiasa terhatur kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang senantiasa kita cadhong syafa’at beliau semenjak terciptanya dunia ini, saat ini, hingga di dunia yang akan tiba; beserta keluarga beliau, ahlul bait Rosulullah, dzurriyah dan para pecinta beliau. Juga kepada para shohabat, tabi’in, tabi’it tabi’in, ulama sholih, syuhada’ dan para mushonnif al mukhlashin. Semoga kelak kita bersama mendapatkan syafaat Kanjeng nabi, gemrudug beramai-ramai masuk surga, selamat dari neraka dan mendapat ridlo Ilahi. Aamiin ya robbal ‘alamiin...

Amma ba’du:

Telah dhawuh Al Mushonnif Guru Mulia Abuya Kyai Haji Ahmad Abdul Hamid Kendal (1915-1998 M), semoga Gusti Allah merohmati beliau dan kami mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah dari ilmu-ilmu Guru Mulia...

Aamiin aamiin aamiin ya robbal ‘alamiin...
_______________________________

FAHAM WAHABI
(Diambil dari Kitab: ‘Aqoidu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah karya Guru Mulia KH Ahmad Abdul Hamid – Kendal , halaman 37-38, diterbitkan tahun 1971)

Pembangun faham Wahabi bernama “Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahab”. Lahir di Kabilah Bani Tamim (Negeri Najd) tahun 1694 - 1765 M, usia 71 tahun. Mulai menuntut ilmu dari ayahandanya sendiri (Syaikh Abdul Wahab adalah Ulama Sholih).

Juga meneruskan mencari ilmu di Makkah dan Madinah. Diantaranya beguru kepada Al ‘Allamah Syaikh Muhammad Sulaiman Al Kurdy, bermadzhab Syafi’ie, pengarang Kitab Hawasyi Syarah Bafadl. Juga berguru kepada Al ‘Allamah Syaikh Muhammad Hayat As Sindy, ulama madzhab Hanafi. Dan juga berguru kepada ulama-ulama yang lain.

Bersambung...........
Previous
Next Post »